DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Sambangi Lima Puluh Kota, TP PKK Sungai Penuh Puji Produk IKM Luak Nan Bungsu

Admin
Jumat, 08 Desember 2023
73 Dibaca
...

Disperinaker, Sarilamak - Berbagai produk unggulan Industri Kecil Menengah (IKM) asal Lima Puluh Kota turut andil dipamerkan di rumah dinas Bupati, Labuah Basilang saat menyambut kunjungan dari rombongan TP PKK Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (7/12). 

Produk IKM unggulan Kabupaten Lima Puluh Kota yang beraneka ragam tersebut berhasil menarik perhatian TP PKK Sungai Penuh pada saat itu. Walhasil, sejumlah produk IKM asli dari masyarakat Luak Nan Bungsu itu diborong oleh puluhan pengurus PKK Sungai Penuh. 

Dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Lima Puluh Kota, Nevi Safaruddin mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK Kota Sungai Penuh beserta rombongan di Kabupaten Lima Puluh Kota. "Selamat datang kepada seluruh rombongan TP PKK Sungai Penuh ke daerah kami, kunjungan Bapak/Ibu ke daerah kami ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami," ujar Nevi. 

Dikesempatan itu, Nevi mengungkapkan selain terus mendukung 10 program PKK di daerahnya, saat ini PKK dan Dekranasda Lima Puluh Kota tengah fokus pada peningkatan IKM yang ada di Lima Puluh Kota. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan menghadirkan gerai mini IKM disetiap kegiatan kunjungan dari daerah lain ke Kabupaten Lima Puluh Kota. "Hal ini kami lakukan untuk ajang promosi IKM ke daerah lain serta untuk mengenalkan produk-produk unggulan yang  berasal dari daerah kami kepada tamu," Sambungnya. 

Dikesempatan itu, Nevi Safaruddin juga dengan bangga menyampaikan bahwasanya beberapa tahun belakangan sejumlah IKM di Lima Puluh Kota juga rutin berkontribusi dan ikut andil dalam ajang Inacraft serta diajang pameran IKM lainnya baik itu di tingkat lokal maupun tingkat nasional.  
 
Nevi berharap dengan kunjungan TP PKK Kota Sungai Penuh ke Lima Puluh Kota dapat membawa hal baik dari daerahnya, untuk selanjutnya bisa disampaikan dan diceritakan saat setiba di Sungai Penuh lagi, serta informasi yang dibagi menjadi bahan bersama untuk saling menyerap dan diterapkan demi kemajuan kedua daerah masing-masing. 

Sementara itu, ucapan terima kasih juga terucap oleh Ketua TP PKK Kota Sungai Penuh, Herlina Armadi yang saat itu diwakili oleh Dasmiati atas sambutan yang diberikan oleh Pemkab Lima Puluh Kota terhadap kunjungan kerja TP PKK Sungai Penuh pada saat itu. 

Ia mengatakan, selain untuk bersilaturahmi, kunjungan dari TP PKK Sungai Penuh itu juga bermaksud dalam rangka mencari dan menggali informasi terkait peningkatan dan kesuksesan program pokok PKK di Kabupaten Lima Puluh Kota, sehingga kedepan dirinya berharap terbangun kerjasama dan persaudaraan yang lebih erat antar kedua daerah termasuk melalui PKK dan Dekranasda. 

"Daerah kami, Sungai Penuh masih berusia 15 tahun dan terbilang masih muda,oleh sebab itu kami membutuhkan ilmu lebih lanjut tentang mensukseskan 10 program pokok PKK dan Dekranasda didaerah kami. Oleh sebab itu tujuan kami salah satunya belajar kepada PKK Lima Puluh Kota,"ujarnya.

Dikesempatan itu, Ia memuji seluruh program unggulan PKK Lima Puluh Kota serta memuji produk-produk IKM yang ada di Luak Nan Bungsu. Ia mengungkapkan kearifan serta kreativitas SDM di Lima Puluh Kota dalam membuat usaha memang patut untuk ditiru. "Semoga ilmu yang kami dapatkan selama disini dapat kami implementasikan nantinya, serta kami juga mengharapkan kunjungan balasan dari TP PKK Lima Puluh Kota ke daerah kami nantinya," tutupnya. 

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Lima Puluh Kota, Debi Seprima melaporkan dalam menyambut kunjungan TP PKK Sungai Penuh tersebut dinasnya membawa 7 macam produk IKM diantaranya, berbagai macam olahan keripik, rendang, bumbu rujak. Selain itu juga ada kerajinan tangan seperti tenun halaban, batik gambir, kain sulam dan berbagai kerajinan rajut. (Ton)

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback