Berita Terkini

Dongkrak Pendapatan Petani Sereh Wangi dengan Tujuh Kegiatan Unggulan, Disperinaker Gandeng SMK-SMTI Padang

Post Title

Sarilamak-  Pada Senin tanggal 27 Juni 2022 Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota menerima kunjungan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMTI) Padang. Kunjungan dari SMTI ini dilakukan oleh Kepala Sekolah SMTI, Silvi, ST., M.Si beserta jajaran dan disambut langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota, Fery Chofa, SH., LL.M. Selain itu, juga hadir perwakilan IKM pengolahan serai wangi di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Silvi, ST., M.Si menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan sebagai wujud dari tindak lanjut rencana Kerjasama antara kedua belah pihak dalam hal pemberdayaan IKM pengolahan serai wangi, yakni penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama. Terdapat 7 kegiatan yang menjadi lingkup perjanjian Kerjasama tersebut, yaitu: pemberian pelatihan dan bimbingan teknis bagi petani serai wangi, pendampingan dan pengembangan berkelanjutan, pengembangan diversifikasi produk turunan serai wangi, pendampingan pengurusan izin badan usaha, izin edar, PKRT, dan BPOM, memastikan dan memantau penerapan hasil pelatihan dan bimbingan teknis oleh petani serai wangi, penyediaan sentra penjualan, serta pembuatan kebijakan yang mendukung aspek pemasaran, pengembangan usaha, dan promosi produk turunan serai wangi.

Sebelum melakukan penandatanganan perjanjian Kerjasama, Fery Chofa menyampaikan bahwa beliau menyambut baik tujuan dari kunjungan yang dilakukan oleh SMK-SMTI Padang. Penandatangan perjanjian Kerjasama ini tentunya sangat mendukung kinerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota, khususnya dalam hal pemberdayaan Industri Kecil Menengah (IKM). Ketujuh kegiatan yang terdapat pada lingkup perjanjian Kerjasama tersebut perlu dilaksanakan dan ditindaklanjuti segera guna meningkatkan nilai produksi olahan serai wangi. Hal ini sejalan dengan peningkatan dan penguatan ekonomi masyarakat melalui pertubuhan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang dalam hal ini melalui komoditi olahan serai wangi.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama ini juga disambut baik oleh perwakilan IKM serai wangi yang hadir. “Dengan adanya Kerjasama ini tentunya kita berharap pengembangan diversifikasi produk olahan dari serai wangi kedepannya dapat ditingkatkan” ujar Wempi, salah seorang pelaku IKM pengolahan serai wangi asal Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau. Selain itu dengan adanya Kerjasama tersebut diharapkan peluang pasar untuk produk olahan serai wangi semakin luas sehingga meningkatkan perekonomian, khususnya bagi pelaku IKM dan petani serai wangi

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling

Bagaimana Pelayanan Disperinaker Kab. Lima Puluh Kota menurut anda ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Buruk

LIHAT