Berita Terkini

RAIH SEPULUH PENGHARGAAN OVOP, IKM LIMA PULUH KOTA NAIK KELAS

Post Title

Sarilamak- Dalam upaya meningkatkan efektivitas pengembangan industri kecil dan industri menengah di Sentra IKM, Kementerian Perindustrian mengadakan program penghargaan IKM One Village One Product (OVOP). OVOP adalah penghargaan yang ditujukan untuk mengangkat potensi industri kecil dan menengah  di sentra yang memiliki nilai kearifan lokal sehingga lebih berdaya saing dan diterima di pasar nasional dan global.

Kriteria IKM OVOP yaitu merupakan unggulan daerah;memiliki keunikan, yang terdiri atas motif, desain produk, teknik pembuatan keterampilan dan / atau bahan baku, yang berbasis pada kearifan lokal;diutamakan berbahan baku lokal; memiliki pasar tingkat domestik baik regional maupun nasional serta tingkat global; sertamemiliki kualitas dan diproduksi berkesinambungan. Penilaian yang dilakukan meliputi aspek produksi, aspek manajemen dan pemasaran, aspek pengembangan masyarakat dan pengendalian lingkungan.

Kabupaten Lima Puluh Kota mengusulkan sebanyak 13 IKM untuk mengikuti penilaian IKM OVOP tahun 2022, dengan rincian 1 IKM makanan dan minuman, 5 IKM anyaman mansiang, dan 7 IKM kain tenun songket. Dari 13 IKM yang diusulkan, sebanyak 10 IKM berhasil mendapat penghargaan bintang OVOP. Tenun H.Ridwan By mendapat penghargaan bintang 3; Songket Putra Bungsu, Anyaman A&R (Berkah), dan Anyaman Tabuan Jaya mendapat penghargaan bintang 2; serta Ganepo 99, Songket Puti Sariau, Songket Chaniago, Anyaman Puncak Taratak, Anyaman Sang Surya, dan Anyaman Maju Jaya mendapat penghargaan bintang 1.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota, Fery Chofa mengapresiasi IKM yang ikut dalam penilaian program OVOP, bahkan berhasil mendapat penghargaan IKM OVOP. Beliau berharap, IKM dari Lima Puluh Kota yang ikut diusulkan bisa dikenal lebih luas, tidak saja di Sumatera Barat tetapi juga di ranah nasional bahkan regional ataupun global.

IKM yang mendapat bintang 3 (Tenun H. Ridwan By dari Nagari Kubang) diberi penghargaan langsung oleh Kementerian Perindustrian pada tanggal 9 Desember 2022 di The Kasablanka Hall Mall Kota Kasablanka, Jakarta dalam acara Gebyar IKMA 2022. Bapak Andi Rizaldi, selaku Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Kemenperin RI dalam sambutannya pada acara tersebut menyebutkan bahwa penghargaan yang diberikan dapat memberikan optimisme bagi seluruh pelaku IKM bahwa industri kecil dan menengah mempunyai potensi untuk tumbuh dan mampu menjawab tuntutan perubahan zaman. (In)

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling

Bagaimana Pelayanan Disperinaker Kab. Lima Puluh Kota menurut anda ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Buruk

LIHAT