Berita Terkini

Kepala Disperinaker Secara Resmi Tutup Pelatihan, 50 Peserta Hasilkan Produk Shampo, Sabun, Pasta Gigi, Masker dan Permen Jelly Berbahan Katechin

Post Title

Sarilamak- Pelatihan Pengolahan dan Diversifikasi Produk dari Katechin secara resemi telah ditutup pada Jumat, 24 Juni 2022 pukul 11.50 WIB. Penutupan dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota, Fery Chofa, SH., LL.M di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. Penutupan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Industri Agro dan Kepala Bidang Pembinaan Industri Non Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, serta Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Industri Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sebelum menutup acara Fery Chofa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat atas kerjasama yang telah diberikan. "Disamping menjadi program unggulan provinsi, tentunya pelatihan ini akan membantu terwujudnya peningkatan perekonomian daerah, khususnya Kabupaten Lima Puluh Kota" ujarnya  saat menyampaikan sambutan. Beliau juga menyampaikan ucapan  terima kasih kepada Narasumber yang telah mencurahkan segala ilmu yang dimiliki untuk para peserta.

Selama 5 hari pelaksanaan pelatihan, 50 orang peserta dilatih untuk mampu menciptakan berbagai produk turunan dari katechin gambir. Di hari pertama dilakukan pengenalan terhadap potensi produk olahan gambir, di hari kedua hingga hari ketiga dilakukan praktek pembuatan produk. Dalam praktek pembuatan produk ini peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok dan dilatih untuk mampu mengembangkan kreativitas dalam membuat produk tutunan dari katechin gambir. Diantara produk yang berhasil dibuat adalah sabun, permen jeli, masker, pasta gigi, dan sampo. Pada haru terakhir dilakukan evaluasi berupa presentasi proses pembuatan produk dan konsep bisnis dari masing-masing kelompok. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang mungkin dihadapi peserta dalam melakukan pengolahan dan pengembangan produknya.

Dengan terlaksananya pelatihan, Fery Chofa berpesan kepada para peserta pelatihan. Beliau menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah awal bagi peserta, peserta tentu perlu melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap hasil pelatihan sehingga terwujudnya usaha baru yang mumpuni dapat tercapai, khususnya di bidang pengolagan gambir atau katechin. Dengan adanya pelatihan ini para peserta juga diharapkan termotivasi untuk mengembangkan kemampuan dalam pembuatan produk berbahan baku gambir. Sehingga penjualan produk gambir tidak hanya dalam bentuk bahan baku setengah jadi namun juga sudah dalam bentuk  produk jadi seperti yang telah dipraktekkan selama pelatihan. Produk jadi ini tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penjualan bahan baku atau bahan baku setengah jadi.

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling

Bagaimana Pelayanan Disperinaker Kab. Lima Puluh Kota menurut anda ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Buruk

LIHAT