Berita Terkini

Disperinaker Gandeng Dekranasda dan PT Smartfren Telecom Tbk Dorong Akselarasi Pemasaran IKM Busana Berbasis Digital

Post Title

Sarilamak- Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota bekerjasama dengan PT Smartfren Telecom Tbk dan Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan kegiatan seminar digitalisasi produk IKM Busana se-Kabupaten Lima Puluh Kota.  Acara ini diselenggarakan pada 22 Juli 2022 di Aula Rumah Dinas Bupati Lima Puluh Kota. Seminar digitalisasi IKM Busana ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota Ibu Nevi Safaruddin dan dimoderatori oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota Bapak Fery Chofa, S.H., L.L.M.

Dalam sambutannya, Ibu Nevi Safaruddin selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota menyampaikan pentingnya digitalisasi di era saat ini. Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Tujuan akhir tentunya meningkatkan perekonomian terutama bagi para pelaku IKM di Kabupaten Lima Puluh Kota. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu para pelaku IKM Busana dalam mengembangkan pemasaran produknya.

Digitalisasi Produk IKM saat ini merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan pemasaran IKM. Melalui digitalisasi ini, diharapkan produk-produk yang dibuat secara tradisional dan memiliki nilai seni yang tinggi dapat dinilai dengan harga yang tinggi pula. Acara ini dihadiri oleh 30 IKM Busana seluruh Lima Puluh Kota. Masing-masing perwakilan IKM yang hadir membawa satu produk unggulannya untuk ditampilkan pada tamu yang hadir dalam acara tersebut. Adapun produk-produk yang dibawa diantaranya songket, tenun kubang, batik gambir, bordir dan ecoprint.

Pemateri yang dihadirkan adalah Chief Sales Officer PT Smartfren Telecom, Tbk, Bapak Dedi Irawan. Dalam kesempatan tersebut Dedi Irawan melalui program Teman Kreasi mendorong akselarasi pemasaran IKM Busana berbasis Digital.  “Teman Kreasi” merupakan wadah yang diinisiasi oleh PT Smartfren Telecom Tbk untuk mengembangkan ko-kreasi dan kewirausahaan sosial serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Program ini merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Menggunakan prinsip kokreasi yang saling mendukung, Teman Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia. Support yang diberikan Smartfren dalam bentuk solusi internet cepat dan efisien melalui koneksi Smartfren, kelas online gratis,business coaching dan perluasan pasar.

“Acara seminar digitalisasi IKM ini rencananya akan diteruskan melalui program kegiatan Teman kreasi yaitu workshop online dan Business coaching agar pemahaman dan pengetahuan IKM dapat meningkat sehingga IKM diharapkan mampu memasarkan produknya ke jaringan yang lebih luas contohnya Produk Batik Solo telah terjual di pasar Eropa dengan harga tinggi melalui promosi yang dilakukan oleh Walikota Solo saat ini. Diharapkan, produk-produk IKM dari Kabupaten Lima Puluh Kota juga dapat dipasarkan lebih luas baik Nasional maupun Internasional.”, Tutur Bapak Dedi Irawan.

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling

Bagaimana Pelayanan Disperinaker Kab. Lima Puluh Kota menurut anda ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Buruk

LIHAT