Berita Terkini

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sambut Kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis, Bahas IKM

Post Title

Kamis, 7 April 2022, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menerima kunjungan kerja dari Rombongan Komisi III DPRD Bengkalis, Provinsi Riau. Rombongan kunker ini dipimpin oleh Surya Budiman didampingi oleh sejumlah anggota dewan beserta staf Sekretariat DPRD dan staf Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bengkalis. Kunjungan kerja disambut langsung oleh Kepala Dinas Perinaker Fery Chofa, SH.,LL.M didampingi Kabid Pembinaan dan Pengawasan Zulfahmi, SE, Kasi Pembinaan non Agro Amrinaldi dan Kasubag Umum dan Kepegawaian Lingga Anjani, S.Pd di ruang kepala dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan penjelasan terkait Pembinaan dan Pengembangan IKM yang dilakukan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Surya Budiman selaku pimpinan rombongan menyampaikan, fokus kedatangannya ke Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja adalah untuk membahas terobosan yang dilakukan pemerintah daerah terkait pemberdayaan dan pengembangan IKM baik itu dari segi permodalan, pengembangan keterampilan dan pemasaran yang dilakukan sehingga IKM yang ada dapat berkembang di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Fery Chofa menjelaskan “Program-program pemberdayaan IKM yang dijalankan oleh Dinas telah sejalan dengan Visi Kabupaten Lima Puluh Kota, “Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, melalui misi kedua yaitu Mendorong Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Lintas Sektoral yang memiliki Keunggulan Ditingkat Lokal dan Regional. Maka, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja telah melaksanakan berbagai program pemberdayaan IKM berdasarkan potensi daerah, baik bahan baku, Sumber Daya Manusia (SDM) maupun pasar. Pemberdayaan yang dilakukan berupa: (1) Kerja sama Peningkatan kompetensi sumber daya manusia, sertifikasi kompetensi dan penempatan (Diklat 3 in 1) (2) bimbingan teknis, (3) bantuan mesin atau peralatan, (4) pengembangan produk, dengan memfasilitasi penerbitan merk, sertifikat halal dan PIRT (Perizinan Produksi Industri Rumah Tangga)  (5) bantuan informasi pasar, promosi, dan pemasaran”

Pemberdayaan yang dilakukan disamping dana APBD, APBD Provinsi Sumbar dan APBN melalui DAK. Program Kerjasama juga gencar dibangun, baik itu dengan Perguruan Tinggi, Lembaga CSR dan Lembaga yang terkait dengan Industry Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di lingkup Provinsi Sumatera Barat.

“DPRD Bengkalis mengapresiasi pemberdayaan yang telah dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja dengan banyaknya lebih kurang 7000 IKM yang sedang tumbuh berkembang, sedangkan di Kabupaten Bengkalis sendiri belum sebanyak itu walaupun sudah didukung oleh APBD yang cukup besar” jelas Jasmi.

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling

Bagaimana Pelayanan Disperinaker Kab. Lima Puluh Kota menurut anda ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Buruk

LIHAT